Senin, 04 Agustus 2008

Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Pelayanan pelanggan adalah segala sesuatu yang kita berikan kepada pelanggan atau sesuatu yang berdampak kepada pelanggan. Hal ini merupakan serangkaian proses dari awal sampai akhir dimana pelanggan berhubungan dengan usaha/toko kita atau yang biasa diistilahkan sebagai “moment of truth”


Sedangkan kepuasan pelanggan sendiri merupakan respon emosional yang menyenangkan pelanggan berdasarkan penilainnya terhadap apa yang kita berikan dibandingkan harapannya atau pengalamannya dahulu baik terhadap produk/layanan kita atau orang lain.


Jadi antara pelayanan dan kepuasan pelanggan merupakan satu hal yang saling terkait dan apa yang kita berikan kepada pelanggan menjadi penentu terhadap puas atau tidaknya mereka terhadap produk atau layanan kita.


Tentunya kepuasan pelanggan dan jumlah pelanggan yang puas terhadap pelayanan kita adalah penentu masa depan usaha, perusahaan dan kehidupan kita.

Ingat siapapun kita, kita hidup dari para pelanggan yang telah membeli/menggunakan produk atau jasa yang disediakan oleh perusahaan dimana kita bekerja atau usaha yang anda lakukan (jika anda memiliki/menjalankan suatu usaha sendiri).

Tidak ada komentar: